Sabtu, 10 November 2012

Bebaskan Bali dari Sampah

Suara Mahasiswa
Bebaskan Bali dari Sampah


Di balik keindahan dan kesemarakan pariwisata Pulau Dewata tersembunyi masalah sampah yang seakan diremehkan. Sampah masalah yang paling sering dibicarakan oleh pemerintah.

Kota yang bersih adalah kota yang bebas dari sampah. Namun di sepanjang garis pantai Bali hampir sebagian besar berpotensi memproduksi sampah. Selain itu di sudut-sudut kota besar seperti Denpasar, Badung, dan Singaraja sudah sangat mudah menemukan tumpukan-tumpukan sampah yang terpajang dan bertumpuk di tepian jalan. Sehingga menyebabkan buruknya pemandangan serta timbulnya bau dan ketidaknyamanan. Sampah dapat menimbulkan efek jangka panjang dan jangka pendek jika didiamkan begitu saja. Jangka pendek dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap dan merusak pemandangan yang bersih, untuk jangka panjang dapat mengakibatkan kebanjiran dan kekumuhan kota.

Maka dari itu, marilah sejak dini kita mulai sadar akan kebersihan dan keindahan pulau yang indah serta asri ini. Marilah kita jaga dan buat Bali bebas dari sampah agar selalu ada di hati wisatawan dan masyarakat Bali. Masalah sampah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun 80% adalah tanggung jawab masyarakat sendiri dan 20% pemerintah yang hanya sebagai sarana dalam pelaksanaan program tahunan. Maka dari itulah, mari kita jaga Bali untuk kita dan generasi penerus kita. Bali yang bersih adalah jiwa yang suci.


Made Cahya Buana
Mahasiswa Jurusan Manajemen, 


Fakultas Ilmu Sosial, 
Undiksha Singaraja

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons