Sabtu, 10 November 2012

Membentuk Kepribadian yang Baik bagi Pendidik dan Peserta Didik

SUARA MAHASISWA
Membentuk Kepribadian yang Baik

bagi Pendidik dan Peserta Didik



Pendidikan Indonesia belum mampu membentuk kepribadian yang baik bagi pendidik maupun peserta didik itu sendiri. Karenanya, pembangunan mental dan moral dalam dunia pendidikan kita sangat penting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan kita. Pemerintah perlu memikirkan rencana untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan ikut mengawasi pelaksanaan ujian nasional atau mencarikan solusi tepat misalnya dengan cara menyediakan lahan untuk pelajar mengembangkan kreativitasnya di bidang akademik maupun non-akademik.

Sebagaimana kita ketahui, bangsa yang besar adalah bangsa yang berpendidikan. Keberhasilan suatu bangsa ditentukan oleh seberapa majunya pendidikan bangsa tersebut. Sistem pendidikan nasional Indonesia disusun berlandaskan kepada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 sebagai kristalisasi nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang melalui sejarah sehingga mewarnai gerak hidup bangsa.

Kualitas pendidikan dipermasalahkan, jika hasil pendidikan belum mencapai taraf seperti yang diharapkan. Untuk mencapai taraf yang diharapkan itu, Indonesia mulai menerapkan ujian akhir nasional dalam kurun lima tahun belakangan ini. Dalam UN pemerintah selalu menentukan standar kelulusan yang harus dicapai oleh para peserta didik di sekolah menengah. Tentu saja ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa, agar bisa bersaing dengan negara-negara maju lainnya.











I Made Agus Rusmana 
(Mahasiswa Jurusan S-1 Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial Undiksha Singaraja)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons