Sabtu, 10 November 2012

Pendidikan Sejak Usia Dini untuk Cegah Kerusakan Moral Bangsa

Suara Mahasiswa
Pendidikan Sejak Usia Dini
untuk Cegah Kerusakan Moral Bangsa


PENDIDIKAN sejak usia dini dirasakan sangat penting untuk dilaksanakan, karena apabila pendidikan diberikan sejakusia dini maka kerusakan mental dan moral bangsa dapat dicegah. Generasi penerus bangsa akan sulit untuk meracuni otaknya. Di zaman yang serbacanggih dan modern ini, bangsa kita sangat mudah goyah dan diracuni oleh sesuatu 
yang tidak patut didapatkan. Seperti halnya narkotika, pelecehan seksual, dan perilaku negatif lainnya. Itu semua akibat kurangnya pendidikan yang didapatkan. Maka dari itu sekarang perlu tindakan yang tegas dan kosisten dari pemerintah, bagaimana agar pendidikan itu didapatkan secara merata oleh semua orang. Tidak memandang status dan materi. Karena pendidikan sejak dini menentukan masa depan masyarakat Indonesia.
Pendidikan merupakan faktor penentu masa depan manusia. Karena pendidikan kini telah menjadi penentu status sosial di masyarakat Namun, kebanyakan pendidikan kini dinikmati oleh masyarakat dari kaum menengah ke atas. Terus apa yang terjadi pada kaum menengah kebawah? Banyak program pemerintah yang memberikan pendidikan gratis bagi masyarakat kurang mampu, contohnya saja BOS (bantuan operasional sekolah), serta beasiswa dan banyak lagi. Namun, hal itu masih kurang cukup untuk memberi semangat bagi masyarakat yang kurang mampu untuk bersekolah. Kenapa demikian? Karena di luar program pemerintah, sekolah juga memiliki aturan sendiri untuk memungut dana dari para siswa dengan berdalih sebagai dana perawatan dan pengembangan sekolah. Apakah dana yang diberikan pemerintah belum cukup? Hal itu yang membuat masyarakat kurang mampu untuk berpikir dua kali untuk bersekolah.


I Made Cahya Buana
Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas
Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons