Sabtu, 10 November 2012

Ospek Ajang Pengenalan Kampus Bukan Balas Dendam dan Pelecehan Mental

Suara Mahasiswa
Ospek Ajang Pengenalan Kampus
Bukan Balas Dendam dan Pelecehan Mental



OSPEK bertujuan untuk mengenalkan civitas kampus kepada mahasiswa baru. Namun kini, ospek sudah dinilai kurang layak diadakan. Kenapa demikian? Tentu saja jawabannya adalah tindakan. Ospek adalah ajang pengenalan kampus bukan ajang balas dendam. Kebanyakan kini ospek dijadikan ajang balas dendam oleh para seniornya. Tidak hanya itu, selain ajang balas dendam juga dijadikan ajang pelecehan mental. Bisa dibuktikan, banyak tugas mahasiswa baru yang diterima kurang masuk akal dan bersifat pelecehan. Misalnya saja, tas dari kantong plastik, topi dari kukusan, tali sepatu diganti tali plastik, kaos kaki beda warna, dan masih banyak lagi.
Semua ini akan membuat tekanan mental bagi mahasiswa, sehingga rasa balas dendam akan timbul dari lubuk hati mahasiswa baru. Apa yang akan terjadi? Tentunya mahasiswa baru ini akan melakukan hal yang sama dan bahkan lebih di tahun yang akan datang. Sehingga tindakan balas dendam ini akan terus berlangsung dari tahun ke tahun. Itulah yang membuat ospek masih hangat dibicarakan di Kementerian Pendidikan. Ospek ini tentunya sangat baik dilaksanakan jika antara senior dan junior itu saling bekerja sama dan mampu menjalin hubungan yang baik. Ajang pengenalan ini dijadikan suatu momen yang baik untuk mempelajari kehidupan kampus dengan kondusif dan tertib. Namun hal itu jauh dari harapan. Nyatanya setiap tahun ada saja korban berjatuhan dari kegiatan ospek ini. Bahkan, ada sampai meninggal dunia. Dari gambaran itu, banyak mahasiswa baru yang resah akan pelaksanaan ospek ini. Tidak hanya mahasiswabaru bahkan orangtua pun merasakan keresahan itu. Jikaitu terus berlangsung kemungkinan akan timbul tanda tanya
yang besar dari masyarakat. Apakah ospek itu perlu dilaksanakan lagi jika setiap tahun ada saja korban meninggal? Jawabannya hanya ada pada lembaga masing-masing. Bagaimana sebaiknya mereka melaksanakan ospek tersebut, sehingga tidak terjadi korban melainkan rasa senang dari mahasiswa baru tersebut. Sehingga apabila ospek ini bisa berjalan dengan baik dan tertib maka tidak akan tercipta korban jiwa lagi. Sekali lagi,ospek merupakan ajang pengenalan civitas kampus bukan ajang balas dendam!





I Made Cahya Buana
Mahasiswa Jurusan Manajemen
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons