Sabtu, 10 November 2012

Kenaikan Harga Jelang Hari Raya Jangan Dibiarkan Jadi Hal ''Biasa''


Suara Mahasiswa
Kenaikan Harga Jelang Hari Raya
Jangan Dibiarkan Jadi Hal ''Biasa''


Harga-harga sebagian besar barang di pasar meningkat pesat. Bahkan harga-harga sudah naik 2 minggu sebelum puasa dan kejadian ini sebenarnya sudah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Mengapa pemerintah membiarkan hal seperti ini terjadi terus? Banyak masyarakat dan pedagang pada saat awal kenaikan menjadi kelimpungan. Memang, pada saat hari raya seperti ini kebutuhan akan bahan-bahan makanan pasti akan meningkat. Tetapi, belajar dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya sepertinya pemerintah tidak memiliki antisipasi kejadian terhadap tahun ini, sehingga kejadian tahun lalu pun terjadi lagi sekarang ini.

Seharusnya pemerintah daerah hingga pusat mengecek bagaimana persiapan para distributor menjelang hari raya, mengecek keadaan pelabuhan-pelabuhan yang sering digunakan untuk pengiriman jauh-jauh hari. Paling tidak pengawasan harusnya telah dilakukan 2 bulan sebelum puasa, sehingga dapat dibuat antisipasi-antisipasi jika terjadi suatu masalah, baik dari distributor atau dari proses pengiriman.

Hal yang mengecewakan sebenarnya mengapa pihak pemerintah baru terjun ke lapangan (pasar) pada saat harga-harga sudah mulai naik? Bahkan kenaikan sudah terjadi seminggu lebih pemerintah baru terjun ke lapangan.

Sangat diharapkan di tahun-tahun mendatang jangan sampai ada kenaikan harga walaupun ada hari raya. Pemerintah jangan membiarkan keadaan ini menjadi suatu hal yang biasa (kenaikan harga jelang hari raya), jika memang bisa dikendalikan mengapa tidak dicoba.



Ni Luh Sophia Pandan Sari Dwijaksara
Mahasiswi Jurusan Manajemen,


Fakultas Ilmu Sosial 


Universitas Pendidikan Ganesha


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons